YOGYA, KRJOGJA.com – Peringatan Bulan Pancasila 2018 yang dilaksanakan sejak Juni lalu resmi berakhir Sabtu (25/8/2018). Penutupan dilaksanakan di Pagelaran Kraton Yogyakarta dihadiri beberapa tokoh seperti Anggota BPIP Prof Mahfud MD dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Ketua Panitia Kita Pancasila Eddy Purjanto mengatakan rangkaian peringatan Bulan Pancasila 2018 dimeriahkan dengan 17 kegiatan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Tujuannya, untuk membuktikan bahwa masyarakat masih terus mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Salah satu yang kemarin dilaksanakan dengan meriah yakni bersih-bersih Masjid, berbagai lomba dan dhahar kembul bersama Sri Sultan HB X yang mana masyarakat terlibat begitu luar biasa. Terbukti bahwa Pancasila membumi dan tetap mengakar di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara dalam acara puncak sekaligus penutupan diberikan penghargaan pada tiga insan inspiratif dari Yogyakarta yang dinilai membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hasto Wardoyo Bupati Kulonprogo, Purwo Harsono penggagas wisata Mangunan dan Muhammad Helmi Rakhman penggagas wirausaha angkringan mendapatkan penghargaan langsung yang diberikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Sri Sultan sendiri menyampaikan harapan agar Pancasila tetap membumi untuk generasi penerus bangsa yang akan menghadapi tantangan besar kedepan. Masuknya isu ideologi asing yang belakangan masif terjadi menjadi sorotan Sultan untuk diperhatikan kedepan.

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa dan cara hidup masyarakat, ini bisa digunakan untuk menangkal isu penggantian ideologi impor yang belakangan berkembang. Perlu pendekatan baru Pancasila agar secara nalar dan sadar bisa diterima menjadi ideologi yang hidup bagi generasi milenial. Mereka yang nanti akan memimpin Indonesia di masa emas tahun 2045. Jangan sampai generasi nanti menganggap Pancasila layak masuk museum saja,” ungkap Sultan.

Dalam penutupan agenda Bulan Pancasila 2018 Kita Pancasila diberikan pula bantuan untuk Lombok diberikan bagi wakil mahasiswa NTB untuk diserahkan ke para korban. Bantuan dikumpulkan saat dahar kembul di Malioboro beberapa waktu lalu. (Fxh)

Sumber : http://krjogja.com/web/news/read/75752/Kita_Pancasila_Ditutup_di_Pagelaran_Insan_Inspiratif_Terima_Penghargaan